Washer Mobil, Suzuki RMK Ciledug

Ketahui Fungsi Washer Mobil, Komponen Beserta Cara Kerjanya

Washer Mobil

Agar kaca mobil terlihat bersih tidak cukup hanya dengan menggunakan wiper saja. Ada fitur lain yang bisa membantu meringankan beban kerja dari wiper yaitu washer. Apa sajakah komponen dan fungsi washer, serta bagaimana cara kerjanya? Berikut ulasannya. 

Washer sendiri terdiri dari 5 komponen dengan fungsi dan cara kerja yang berbeda-beda. Untuk lebih memahami, perhatikan cara kerja dan fungsi dari masing-masing komponen tersebut. 

1. Tangki Washer

Komponen pertama yang disebut washer tank atau tangki washer ini berfungsi sebagai media untuk menampung fluida pembersih kaca mobil. Bentuknya sendiri cukup bervariasi karena tergantung dari posisi penempatan dan bentuk rangka dari kendaraan. 

2. Nozzle

Komponen yang kedua adalah lubang penyemprot atau nozzle. Terbuat dari pipa tembaga aluminium (resin) yang bagian ujungnya terdapat satu atau dua lubang berdiameter 0,8-1,0 mm. Sedangkan fungsi dari nozzle adalah untuk menyemprotkan fluida pembersih kaca.

3. Selang

Untuk komponen ketiga adalah selang atau hose yang fungsinya untuk menghubungkan pompa washer dengan nozzle. Dengan adanya selang ini maka fluida pembersih bisa disemprotkan ke kaca mobil. 

4. Motor Washer

Komponen berikutnya yang ada pada washer adalah motor washer. Fungsinya adalah untuk menggerakkan pompa sehingga fluida pembersih di dalam washer tank bisa terdorong untuk mengalir dan akhirnya disemprotkan ke kaca mobil. 

Ada dua jenis motor washer mobil yang paling umum dipakai, yaitu: 

  • Wound Motor : Kumparan tunggal yang menghasilkan gaya elektromagnetik. 
  • Ferrite Magnet : Medan magnet yang dihasilkan oleh magnet permanen. 

Sedangkan bagian pompa washer memiliki beberapa tipe yang umum digunakan, yaitu tipe roda gigi, Squeeze, dan tipe Sentrifugal. Dari ketiga tipe ini Sentrifugal merupakan jenis pompa yang memiliki ketahanan dan masa pakai cukup lama. 

Ini dikarenakan bagian-bagian dari pompa tersebut tidak saling bersinggungan. Walau demikian, Sentrifugal juga memiliki kelemahan yaitu tidak bisa menghisap fluid pembersih ketika posisi tangki ada di bawah pompa. 

5. Cairan Pembersih

Komponen terakhir adalah cairan pembersih yang terdiri dari zat anti beku, zat anti karat, dan ditambah dengan detergen. Fungsi dari cairan pembersih ini untuk menghalau segala jenis kotoran yang menempel pada kaca mobil, baik yang bagian depan maupun belakang. 

Namun, kebanyakan pemilik kendaraan menggantinya dengan air biasa. Satu hal yang harus diingat adalah, pilihlah cairan pembersih yang tidak merusak karet wiper serta bagian karet yang melekat di sisi-sisi kaca depan dan belakang mobil. 

Kiat Merawat Washer pada Mobil

Agar washer bisa berfungsi dengan baik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah: 

  1. Cek bagian tangki dan sikat dengan botol jika terdapat kerak di dalam tangki.
  2. Isi dengan cairan pembersih khusus yang tidak merusak karet wiper dan ampuh menghilangkan minyak serta kotoran yang menempel di kaca mobil. 
  3. Perhatikan arah semprotan dan bersihkan nozzle dengan jarum jika semprotan air tidak lancar. 
  4. Gunakan electro contact cleaner untuk membersihkan soket pompa pada tangki washer. 

Secara keseluruhan, washer memiliki fungsi untuk membantu wiper dalam membersihkan kaca mobil dengan cara menyemprotkan fluida pembersih. Sebab, tidak semua kotoran bisa dibersihkan dengan tuntas oleh wiper dan butuh cairan khusus untuk menyingkirkan kotoran tersebut. 

Kunjungi selalu sosial media kami untuk melihat promo produk yang masih berlaku saat ini. Konten-konten serta informasi menarik lainnya akan selalu kami Update pada sosial media kami.

Kami melayani pembelian unit secara cash dan kredit dengan leasing terpercaya di kota Anda. Untuk mengetahui simulasi kredit Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu pada form Simulasi Kredit. Klik tombol di bawah, masukan nama dan nomer telephone atau handphone Anda dengan benar. Agar wiraniaga kami bisa menghubungi Anda. Wiraniaga kami siap membantu anda dalam malakukan proses kredit mobil Suzuki dengan leasing-leasing terpercaya di kota Anda.

TEMUKAN MOBIL SUZUKI YANG TEPAT UNTUK ANDA !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *